Resep Ayam Rujak Tanpa Santan: Makanan Segar dan Sehat untuk Dinikmati

Ayam rujak adalah salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan bumbu rujak yang kaya akan cita rasa dan kelezatan. Namun, bagi beberapa orang yang ingin mengurangi konsumsi santan dalam makanan mereka, resep ayam rujak tanpa santan bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep ayam rujak tanpa santan yang lezat dan sehat untuk Anda coba di rumah.

Ayam rujak adalah kombinasi sempurna antara potongan daging ayam yang lezat dan bumbu rujak yang segar. Bumbu rujak umumnya terbuat dari campuran bahan seperti cabai rawit, bawang merah, bawang putih, gula merah, asam jawa, dan garam. Namun, untuk versi tanpa santan, kita akan menggunakan bahan-bahan yang lebih ringan dan tetap memberikan rasa yang nikmat.

Berikut adalah resep ayam rujak tanpa santan yang dapat Anda ikuti:

Bahan-bahan:

  1. 500 gram daging ayam, potong kecil-kecil
  2. 2 sendok makan kecap manis
  3. 2 sendok makan air jeruk nipis
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1 sendok makan minyak kelapa untuk menggoreng

Bahan Bumbu Rujak:

  1. 3 buah cabai rawit, iris tipis
  2. 2 buah bawang merah, iris tipis
  3. 2 siung bawang putih, cincang halus
  4. 1 sendok makan air asam jawa
  5. 1 sendok makan gula merah, serut halus
  6. 1 sendok teh garam

Cara membuat:

  1. Pertama, marinate daging ayam dengan kecap manis, air jeruk nipis, dan garam selama 15-30 menit agar meresap.
  2. Panaskan minyak kelapa dalam wajan dengan api sedang. Goreng potongan ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya, siapkan bumbu rujak. Campurkan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, air asam jawa, gula merah, dan garam dalam wadah. Aduk rata.
  4. Tambahkan potongan ayam yang telah digoreng ke dalam bumbu rujak. Aduk hingga ayam terbalut rata dengan bumbu. Diamkan selama 10-15 menit agar bumbu meresap.
  5. Ayam rujak tanpa santan siap disajikan. Hidangkan dengan nasi hangat atau lontong untuk menciptakan sensasi yang lebih nikmat.
See also  Resep Lawar Ayam: Nikmatnya Paduan Rasa Tradisional Bali

Ayam rujak tanpa santan ini memiliki cita rasa yang segar dan lezat. Anda dapat menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai dengan selera. Jika Anda menyukai makanan pedas, tambahkan cabai rawit sesuai keinginan Anda.

Selain itu, dengan menggunakan daging ayam sebagai bahan utama, hidangan ini juga lebih sehat dibandingkan dengan versi yang menggunakan santan. Ayam merupakan sumber protein yang baik dan rendah lemak. Dengan menggoreng ayam menggunakan minyak kelapa, Anda juga dapat memperoleh manfaat dari kandungan sehat yang terdapat dalam minyak kelapa.

Ayam rujak tanpa santan ini cocok disajikan sebagai hidangan utama dalam acara makan keluarga atau bahkan untuk hidangan spesial saat menjamu tamu. Rasanya yang lezat dan tampilannya yang menggoda akan membuat semua orang tergoda untuk mencicipinya.

Dengan resep ayam rujak tanpa santan ini, Anda dapat menikmati hidangan yang lezat dan sehat. Anda tidak perlu khawatir tentang kandungan santan yang tinggi kalori. Cobalah resep ini di rumah dan rasakan kelezatannya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × five =