Resep Sambal Kacang: Lezatnya Gurih Manis dalam Setiap Gigitan

Sambal kacang adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang telah menjadi favorit banyak orang. Aroma harum kacang yang dipadu dengan rasa pedas dan gurih membuat sambal kacang menjadi saus yang sempurna untuk berbagai hidangan. Apakah Anda ingin menyantap sambal kacang sebagai pelengkap tahu goreng atau tempe mendoan, atau Anda ingin mencoba menambahkannya ke sate ayam atau lontong sayur, sambal kacang akan memberikan sentuhan istimewa pada hidangan Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep sambal kacang yang lezat dan mudah untuk Anda coba di rumah. Mari kita mulai!

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 200 gram kacang tanah, sangrai hingga matang
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 buah cabai merah keriting, buang bijinya dan iris halus
  • 3 sendok makan gula merah, serut halus
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara membuat sambal kacang:

  1. Langkah pertama adalah menggoreng kacang tanah hingga matang. Panaskan wajan di atas api sedang dan tambahkan kacang tanah. Aduk terus hingga kacang tanah berubah warna menjadi kecokelatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan kacang tanah dari minyak.
  2. Selanjutnya, haluskan kacang tanah yang telah matang. Gunakan blender atau penggiling bumbu untuk menghaluskan kacang tanah hingga menjadi bubuk halus. Jika Anda menyukai tekstur yang lebih kasar, Anda dapat menggilingnya dengan tekstur yang lebih kasar.
  3. Panaskan sedikit minyak dalam wajan dan tumis bawang putih dan cabai merah keriting yang telah diiris halus. Tumis hingga harum dan bawang putih berubah warna menjadi kuning keemasan.
  4. Setelah bawang putih dan cabai merah keriting matang, tambahkan kacang tanah yang telah dihaluskan ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama beberapa menit.
  5. Selanjutnya, tambahkan gula merah yang telah diserut halus ke dalam wajan. Aduk hingga gula merah larut dan tercampur dengan baik.
  6. Tambahkan air asam jawa, kecap manis, dan garam ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan sambal kacang mendidih sebentar.
  7. Untuk mendapatkan tekstur yang pas, tambahkan air secukupnya. Aduk terus sampai sambal kacang mencapai konsistensi yang Anda inginkan. Jika Anda menyukai sambal kacang yang lebih encer, tambahkan air lebih banyak. Sebaliknya, jika Anda menginginkan sambal kacang yang lebih kental, kurangi jumlah air yang ditambahkan.
  8. Setelah sambal kacang matang, cicipi dan sesuaikan rasa sesuai selera Anda. Tambahkan gula, garam, atau bahan lainnya jika diperlukan.
  9. Sambal kacang siap disajikan! Tuang sambal kacang ke dalam mangkuk atau wadah saus, dan hidangkan sebagai pelengkap untuk hidangan favorit Anda.
See also  Resep Sambal Embe: Pedas Gurih Khas Nusantara yang Menggugah Selera

Sambal kacang ini dapat disimpan dalam wadah kedap udara di lemari es dan dapat bertahan selama beberapa minggu. Anda dapat menikmatinya dalam berbagai hidangan seperti tahu goreng, tempe mendoan, sate ayam, lontong sayur, atau campuran nasi goreng. Sambal kacang juga dapat digunakan sebagai bumbu untuk mie goreng atau sebagai saus dipping untuk keripik atau sayuran.

Selain rasanya yang lezat, sambal kacang juga memiliki manfaat kesehatan. Kacang tanah sebagai bahan utama sambal kacang mengandung serat, protein nabati, dan lemak sehat. Namun, tetap perhatikan porsi konsumsi sambal kacang karena sifatnya yang pedas dan tinggi kalori jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dengan resep sambal kacang yang mudah ini, Anda dapat dengan mudah membuat hidangan yang lezat di rumah. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan berkreasi dengan sambal kacang ini sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 4 =