Tumis Kulit Melinjo: Resep Lezat yang Sehat dan Bergizi

Tumis adalah salah satu metode memasak yang populer dan praktis dalam mempersiapkan hidangan lezat. Salah satu varian tumisan yang enak dan sehat adalah tumis kulit melinjo. Kulit melinjo merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan nutrisi dan serat, sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk menu makanan sehari-hari. Dalam artikel ini, kami akan berbagi resep tumis kulit melinjo yang lezat, sehat, dan mudah untuk diikuti. Mari kita simak!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 200 gram kulit melinjo segar
  2. 2 siung bawang putih, cincang halus
  3. 2 buah cabai merah, iris tipis (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)
  4. 1 buah wortel, iris tipis memanjang
  5. 1 batang daun bawang, iris serong
  6. 1 sendok makan saus tiram
  7. 1 sendok teh kecap manis
  8. 1 sendok teh garam
  9. ½ sendok teh gula pasir
  10. ½ sendok teh merica bubuk
  11. 2 sendok makan minyak sayur untuk menumis

Cara membuat tumis kulit melinjo:

  1. Pertama-tama, bersihkan kulit melinjo dengan air bersih. Pastikan kulit melinjo yang digunakan segar dan tidak rusak. Setelah dibersihkan, potong kulit melinjo menjadi potongan-potongan kecil sesuai selera.
  2. Panaskan minyak sayur dalam wajan atau penggorengan di atas api sedang. Tumis bawang putih hingga harum dan berubah warna kecokelatan.
  3. Tambahkan cabai merah iris dan aduk rata selama beberapa detik hingga cabai terlihat layu.
  4. Masukkan potongan kulit melinjo dan wortel ke dalam wajan. Tumis selama beberapa menit hingga kulit melinjo dan wortel terasa agak lunak.
  5. Selanjutnya, tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, gula pasir, dan merica bubuk ke dalam tumisan. Aduk rata hingga semua bumbu meresap dan tercampur dengan baik.
  6. Terakhir, tambahkan daun bawang iris dan aduk sebentar. Pastikan semua bahan tercampur dengan rata.
  7. Angkat tumisan dari wajan dan sajikan di atas piring saji.
See also  Resep Beberuk Terong

Note: Tumisan dapat ditambakan Teri Medan untuk menambah citra rasa yang lezat.

Tumis kulit melinjo siap disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai pendamping nasi hangat. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya menjadi hidangan yang disukai oleh banyak orang. Selain itu, kulit melinjo juga mengandung banyak nutrisi penting seperti serat, vitamin, dan mineral.

Manfaat dari tumis kulit melinjo tidak hanya terletak pada rasanya yang enak, tetapi juga pada kandungan nutrisinya. Kulit melinjo mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga membantu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kulit melinjo juga mengandung vitamin B kompleks, seperti tiamin dan riboflavin, yang penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan memperoleh energi.

Dengan resep tumis kulit melinjo yang sederhana ini, Anda dapat menikmati hidangan yang lezat dan sehat. Jika Anda menginginkan variasi, Anda dapat menambahkan bahan lain seperti udang, ayam, atau sayuran lain sesuai selera. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × three =