Resep Rempeyek Teri

Rempeyek teri adalah salah satu jenis gorengan yang populer di Indonesia. Rempeyek teri terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan santan, bumbu halus, dan teri nasi. Rempeyek teri digoreng hingga renyah dan gurih, cocok untuk dijadikan lauk makan atau camilan. Rempeyek teri juga tahan lama jika disimpan dalam wadah kedap udara.

Rempeyek teri memiliki rasa yang khas dan lezat, berkat bumbu-bumbu yang digunakan. Bumbu rempeyek teri biasanya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kencur, garam, dan daun jeruk. Bumbu-bumbu ini dihaluskan dan dicampur dengan tepung beras, santan, dan telur. Adonan rempeyek teri harus memiliki kekentalan yang pas, agar tidak terlalu tebal atau tipis saat digoreng.

Teri nasi adalah ikan kecil yang kering dan asin, yang sering digunakan sebagai bahan masakan di Indonesia. Teri nasi memberikan rasa gurih dan renyah pada rempeyek teri. Teri nasi harus digoreng terlebih dahulu sebelum dicampur dengan adonan rempeyek teri, agar tidak lembek dan berair. Teri nasi juga bisa diganti dengan teri medan, rebon, udang, atau kacang tanah, sesuai selera.

Cara membuat rempeyek teri tidak terlalu sulit, namun membutuhkan sedikit keterampilan dan kesabaran. Rempeyek teri digoreng dengan cara disiram-siram dengan minyak panas di pinggir wajan cekung, sampai adonan turun ke dalam minyak dan mengembang. Rempeyek teri harus digoreng dengan api sedang, agar tidak gosong atau mentah. Rempeyek teri harus digoreng hingga kering dan renyah, agar tidak mudah basi.

Berikut adalah resep rempeyek teri yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:

  • 200 gram teri nasi, goreng kering
  • 250 gram tepung beras
  • 50 gram tepung tapioka
  • 500 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 1 sdm ketumbar, sangrai
  • 1 ruas kencur
  • 1 sdt garam
  • 8 lembar daun jeruk, iris halus
  • Minyak goreng secukupnya
See also  Resep Keripik Rumput Laut: Panduan Membuat Camilan Sehat dan Lezat di Rumah

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang putih, kemiri, ketumbar, kencur, dan garam dengan blender atau cobek.
  2. Campur tepung beras, tepung tapioka, santan, dan bumbu halus dalam sebuah mangkuk. Aduk rata hingga tidak bergerindil.
  3. Tambahkan telur dan daun jeruk. Aduk rata lagi hingga adonan menjadi kental dan licin.
  4. Masukkan teri nasi yang sudah digoreng kering. Aduk rata hingga tercampur dengan adonan.
  5. Panaskan minyak goreng dalam wajan cekung dengan api sedang.
  6. Ambil satu sendok sayur adonan. Tambahkan teri nasi secukupnya. Tuang adonan di pinggir wajan yang sudah panas. Siram-siram dengan minyak panas sampai adonan turun ke dalam minyak dan mengembang.
  7. Goreng rempeyek teri hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan. Ulangi langkah ini sampai adonan habis.
  8. Simpan rempeyek teri dalam wadah kedap udara agar tetap renyah.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − one =