Resep Kolak Durian

Kolak durian adalah salah satu hidangan penutup yang populer di Indonesia, terutama saat bulan Ramadhan. Kolak durian terbuat dari durian yang dimasak dengan santan, gula merah, dan daun pandan. Kolak durian memiliki aroma yang khas dan rasa yang manis dan lezat. Kolak durian juga mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana. Berikut adalah resep dan cara membuat kolak durian yang bisa Anda coba.

Bahan-bahan:
– 500 gram daging durian (bisa menggunakan durian segar atau beku)
– 1 liter santan kental
– 200 gram gula merah, sisir halus
– 2 lembar daun pandan, ikat simpul
– 1/4 sendok teh garam
– Air secukupnya

Cara membuat:
1. Siapkan panci, masukkan gula merah, daun pandan, dan air secukupnya. Rebus hingga gula merah larut dan mendidih. Saring dan sisihkan air gula merahnya.
2. Dalam panci yang lain, masukkan santan, garam, dan air secukupnya. Aduk rata dan rebus dengan api kecil hingga mendidih. Jangan lupa untuk mengaduk sesekali agar santan tidak pecah.
3. Masukkan daging durian ke dalam panci santan. Aduk perlahan dan biarkan hingga durian empuk dan tercampur rata dengan santan. Jika suka, Anda bisa menghancurkan sebagian durian dengan sendok agar lebih lembut.
4. Tuang air gula merah ke dalam panci kolak durian. Aduk rata dan koreksi rasa. Jika kurang manis, Anda bisa menambahkan gula pasir sesuai selera.
5. Angkat dan sajikan kolak durian selagi hangat atau dingin.

Tips:
– Anda bisa menambahkan bahan lain seperti pisang, ubi, singkong, atau kolang kaling ke dalam kolak durian sesuai selera.
– Anda bisa menyimpan kolak durian di dalam kulkas dan memanaskannya kembali sebelum disajikan.
– Anda bisa menggunakan santan instan atau santan bubuk jika tidak ada santan segar.

See also  Resep Bingka Pisang, Kue Bingka Khas Indonesia yang Legit dan Lezat

Demikian resep kolak durian yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − fourteen =