Resep Martabak Manis Mini, Camilan Manis yang Praktis dan Lezat

Martabak manis adalah salah satu camilan favorit banyak orang. Rasanya yang manis dan lembut, serta topping yang beragam, membuat martabak manis selalu menggoda selera. Namun, membuat martabak manis ukuran besar terkadang merepotkan dan membutuhkan banyak bahan. Apalagi jika Anda hanya ingin menikmatinya sendiri atau bersama keluarga terdekat.

Nah, solusinya adalah membuat martabak manis mini. Martabak manis mini memiliki ukuran yang lebih kecil, sehingga lebih praktis dan hemat bahan. Anda juga bisa membuatnya dengan cetakan kue lumpur yang mudah ditemukan. Selain itu, martabak manis mini juga bisa Anda variasikan dengan berbagai rasa dan topping, seperti cokelat, keju, kacang, selai, pisang, dan lain-lain.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba membuat martabak manis mini? Jika ya, berikut ini adalah resep dan cara membuat martabak manis mini yang enak dan lembut, anti bantat. Simak baik-baik ya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat martabak manis mini, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut ini:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt ragi instan
  • 300 ml air hangat
  • 1 butir telur
  • 1/4 sdt baking soda
  • Margarin secukupnya untuk mengoles
  • Topping sesuai selera, misalnya meses, keju parut, susu kental manis, dll.

Cara Membuat Martabak Manis Mini

Setelah bahan-bahan siap, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat martabak manis mini:

  1. Dalam sebuah mangkuk, campurkan tepung terigu, gula pasir, garam, dan ragi instan. Aduk rata.
  2. Tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan whisk atau mixer sampai adonan licin dan tidak bergerindil.
  3. Masukkan telur dan aduk rata. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit sampai mengembang dan berbusa.
  4. Tambahkan baking soda dan aduk rata. Adonan martabak manis mini siap digunakan.
  5. Panaskan cetakan kue lumpur atau martabak mini di atas api sedang. Oleskan sedikit margarin pada permukaan cetakan.
  6. Tuang adonan ke dalam lubang cetakan sebanyak satu sendok sayur. Ratakan adonan ke pinggir cetakan agar membentuk kulit tipis. Tutup cetakan dan biarkan adonan matang dan berlubang-lubang.
  7. Buka tutup cetakan dan taburkan sedikit gula pasir di atas adonan. Tutup kembali cetakan dan biarkan gula meleleh.
  8. Angkat martabak manis mini dari cetakan dan letakkan di atas piring. Oleskan margarin di atasnya dan beri topping sesuai selera.
  9. Ulangi langkah 5-8 sampai adonan habis. Martabak manis mini siap disajikan.
See also  Resep Pancake Teflon yang Lembut dan Enak

Tips Membuat Martabak Manis Mini yang Enak dan Lembut

Agar martabak manis mini Anda berhasil dan tidak bantat, ikuti tips berikut ini:

  • Gunakan tepung terigu protein sedang yang cocok untuk membuat kue. Jangan gunakan tepung terigu protein tinggi yang biasa digunakan untuk membuat roti, karena akan membuat martabak manis mini terlalu kenyal dan keras.
  • Pastikan ragi instan yang Anda gunakan masih aktif dan tidak kadaluarsa. Ragi instan berfungsi untuk mengembangkan adonan dan memberikan aroma khas pada martabak manis. Anda bisa mengganti ragi instan dengan baking powder jika tidak ada ragi instan.
  • Gunakan air hangat, bukan air dingin atau air panas, untuk mencampur adonan. Air hangat akan membantu ragi bekerja lebih cepat dan merata. Jangan gunakan air panas karena akan membunuh ragi dan membuat adonan tidak mengembang.
  • Diamkan adonan sampai mengembang dan berbusa. Ini menandakan bahwa ragi telah bekerja dengan baik. Jangan terlalu lama mendiamkan adonan karena bisa membuat adonan terlalu asam dan bau.
  • Tambahkan baking soda sebelum menggoreng adonan. Baking soda akan membuat adonan lebih mengembang dan berlubang-lubang saat digoreng. Jangan tambahkan baking soda terlalu banyak karena bisa membuat adonan berwarna kecokelatan dan berbau tidak sedap.
  • Panaskan cetakan dengan api sedang. Jika terlalu panas, martabak manis mini akan gosong di bagian bawah dan tidak matang di bagian atas. Jika terlalu kecil, martabak manis mini akan matang terlalu lama dan tidak berlubang-lubang.
  • Oleskan margarin di atas martabak manis mini selagi panas. Ini akan membuat martabak manis mini lebih lembut dan tidak kering. Anda juga bisa menambahkan susu kental manis atau madu untuk memberikan rasa manis yang lebih nikmat.
  • Variasikan topping sesuai selera Anda. Anda bisa menggunakan meses, keju parut, kacang tanah, selai, pisang, kismis, dll. Anda juga bisa mencoba rasa lain seperti cokelat, greentea, durian, dll. dengan menambahkan bubuk atau pasta rasa ke dalam adonan.
See also  Resep Kue Lapet

Demikian artikel yang saya buat tentang “Resep Martabak Manis Mini”. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca. 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 2 =