Resep Pancake Teflon yang Lembut dan Enak

Pancake adalah salah satu menu sarapan yang populer di berbagai negara. Pancake adalah kue dadar yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, susu, gula, dan mentega. Pancake biasanya disajikan dengan sirup, madu, buah-buahan, cokelat, atau keju. Pancake memiliki tekstur yang lembut, empuk, dan mengembang.

Untuk membuat pancake, Anda tidak perlu menggunakan oven atau mixer. Anda hanya membutuhkan teflon atau wajan datar yang anti lengket. Dengan teflon, Anda bisa membuat pancake dengan mudah dan cepat. Anda juga bisa menyesuaikan ukuran, ketebalan, dan rasa pancake sesuai dengan selera Anda.

Berikut ini adalah beberapa resep pancake teflon yang bisa Anda coba di rumah. Resep-resep ini mudah, sederhana, dan pastinya lezat. Selamat mencoba!

Resep Pancake Teflon Simpel

Resep pancake teflon yang pertama adalah resep pancake teflon simpel. Resep ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat pancake dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah ditemukan. Resep ini juga anti gagal, karena pancake yang dihasilkan pasti lembut dan empuk.

Bahan-bahan:

  • 100 gram tepung terigu
  • 2 sendok makan gula pasir
  • Secukupnya garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur ayam
  • 100 ml susu cair sapi
  • 30 gram mentega

Cara membuat:

  1. Campur tepung terigu, gula pasir, garam, dan baking powder dalam sebuah mangkuk. Aduk rata.
  2. Dalam mangkuk lain, kocok telur dengan garpu atau whisk. Tambahkan susu cair dan mentega yang sudah dilelehkan. Aduk rata.
  3. Tuang campuran telur ke dalam campuran tepung. Aduk dengan garpu atau whisk sampai adonan tercampur rata dan lembut. Jangan terlalu lama mengaduk, agar pancake tidak keras.
  4. Panaskan teflon dengan api sedang. Olesi sedikit mentega di atasnya. Tuang satu sendok sayur adonan ke atas teflon. Ratakan adonan dengan sendok atau spatula, agar membentuk lingkaran.
  5. Tunggu sampai muncul gelembung-gelembung di permukaan adonan. Kemudian, balik pancake dan masak sisi satunya sampai matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
  6. Ulangi langkah 4 dan 5 sampai adonan habis. Anda bisa membuat sekitar 8 buah pancake dengan resep ini.
  7. Sajikan pancake dengan topping pilihan Anda, seperti sirup maple, madu, selai, buah-buahan, cokelat, atau keju.
See also  Resep Bolu Panggang Pisang Coklat

Resep Japanese Souffle Pancake Teflon

Resep pancake teflon yang kedua adalah resep japanese souffle pancake teflon. Resep ini adalah variasi dari pancake ala Jepang yang terkenal dengan teksturnya yang lembut, ringan, dan mengembang seperti souffle. Resep ini membutuhkan sedikit trik, yaitu memisahkan kuning telur dan putih telur, serta menggunakan kertas roti untuk membentuk pancake.

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur
  • 4 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh pasta vanila
  • 4 sendok makan susu cair UHT
  • Kertas roti
  • Selotip

Cara membuat:

  1. Pisahkan kuning telur dan putih telur dalam dua mangkuk berbeda. Pastikan tidak ada kuning telur yang tercampur dengan putih telur, agar putih telur bisa mengembang dengan baik.
  2. Campur kuning telur, tepung terigu, susu cair, pasta vanila, dan baking powder. Aduk dengan garpu atau whisk sampai adonan tercampur rata dan lembut. Sisihkan.
  3. Kocok putih telur dengan mixer sampai mengembang dan berbusa. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus mengocok, sampai putih telur kaku dan berkilau. Ini akan membantu pancake menjadi lebih mengembang dan stabil.
  4. Masukkan putih telur ke dalam adonan kuning telur secara bertahap. Aduk dengan spatula secara perlahan dan hati-hati, agar putih telur tidak pecah. Aduk sampai adonan tercampur rata dan berwarna pucat.
  5. Potong kertas roti menjadi bentuk lingkaran dengan diameter sekitar 10 cm. Buatlah 4 buah kertas roti. Lipat kertas roti menjadi dua, lalu buka lagi. Rekatkan selotip di bagian lipatan, agar kertas roti membentuk setengah lingkaran. Ini akan menjadi cetakan untuk pancake.
  6. Panaskan teflon dengan api kecil. Olesi sedikit mentega di atasnya. Letakkan kertas roti di atas teflon, dengan bagian lipatan menghadap ke atas. Tuang adonan ke dalam kertas roti sampai 3/4 penuh. Tutup teflon dengan penutup yang sesuai.
  7. Masak pancake selama sekitar 10 menit, atau sampai bagian bawahnya matang dan berwarna kecoklatan. Kemudian, balik pancake beserta kertas rotinya. Masak lagi selama sekitar 10 menit, atau sampai bagian atasnya matang. Angkat dan lepaskan kertas rotinya.
  8. Ulangi langkah 6 dan 7 sampai adonan habis. Anda bisa membuat sekitar 4 buah pancake dengan resep ini.
  9. Sajikan pancake dengan topping pilihan Anda, seperti krim kocok, gula halus, buah-buahan, atau sirup.
See also  Resep Kue Lapet

Resep Pancake Durian Teflon

Resep pancake teflon yang ketiga adalah resep pancake durian teflon. Resep ini adalah variasi dari pancake yang menggunakan durian sebagai bahan utamanya. Durian adalah buah yang memiliki aroma dan rasa yang khas dan kuat. Bagi Anda yang suka durian, resep ini pasti akan membuat Anda ketagihan. Resep ini juga disajikan dengan cara yang unik, yaitu dengan es krim.

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 butir telur
  • 250 ml susu cair
  • 50 gram mentega
  • 150 gram daging durian
  • Es krim rasa vanila

Cara membuat:

  1. Campur tepung terigu, baking powder, garam, dan gula pasir dalam sebuah mangkuk. Aduk rata.
  2. Dalam mangkuk lain, kocok telur dengan garpu atau whisk. Tambahkan susu cair dan mentega yang sudah dilelehkan. Aduk rata.
  3. Tuang campuran telur ke dalam campuran tepung. Aduk dengan garpu atau whisk sampai adonan tercampur rata dan lembut. Jangan terlalu lama mengaduk, agar pancake tidak keras.
  4. Haluskan daging durian dengan garpu atau blender. Tambahkan sedikit air jika perlu. Masukkan durian halus ke dalam adonan. Aduk rata.
  5. Panaskan teflon dengan api sedang. Olesi sedikit mentega di atasnya. Tuang satu sendok sayur adonan ke atas teflon. Ratakan adonan dengan sendok atau spatula, agar membentuk lingkaran.
  6. Tunggu sampai muncul gelembung-gelembung di permukaan adonan. Kemudian, balik pancake dan masak sisi satunya sampai matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
  7. Ulangi langkah 5 dan 6 sampai adonan habis. Anda bisa membuat sekitar 10 buah pancake dengan resep ini.
  8. Sajikan pancake dengan es krim rasa vanila di atasnya. Anda juga bisa menambahkan sirup, cokelat, atau buah-buahan jika suka.
See also  Resep Bolu Kukus Tiramisu

Itulah beberapa resep pancake teflon yang lembut dan enak yang bisa Anda coba di rumah. Resep-resep ini sangat mudah dan praktis, sehingga cocok untuk Anda yang ingin membuat sarapan yang spesial dan berbeda. Selain itu, resep-resep ini juga bisa Anda kreasikan dengan berbagai topping dan rasa sesuai dengan selera Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba! 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 5 =