Resep Kue Baruasa

Resep Kue Baruasa: Cita Rasa Tradisional yang Menggoda Lidah

Kue Baruasa adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa khas dan menggoda lidah. Dikenal dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, kue ini sering menjadi primadona dalam berbagai acara, mulai dari perayaan ulang tahun hingga acara formal. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang resep, cara membuat, serta sejarah dan keunikan dari kue Baruasa.

Sebelum kita memasuki tutorial pembuatan kue Baruasa, mari kita kenali sedikit tentang sejarahnya. Kue Baruasa memiliki asal usul dari Minangkabau, Sumatra Barat. Kata “Baruasa” sendiri berasal dari bahasa Minang yang berarti “lumer” atau “meleleh”, menggambarkan tekstur lembut kue ini saat dimakan. Sejak zaman dulu, kue Baruasa telah menjadi bagian penting dari budaya kuliner Minangkabau dan sering disajikan dalam berbagai upacara adat.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan kue Baruasa, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang akan Anda perlukan:

  • 250 gram tepung terigu serbaguna
  • 200 ml santan kental
  • 100 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Campur Bahan Kering: Dalam mangkuk besar, campurkan tepung terigu, gula pasir, vanili bubuk, dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur secara merata.
  2. Tambahkan Telur dan Santan: Masukkan telur ke dalam campuran bahan kering, lalu tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang kental dan licin.
  3. Panaskan Minyak: Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang hingga cukup panas untuk menggoreng.
  4. Bentuk Adonan: Ambil satu sendok makan adonan dan letakkan di atas wajan dengan jarak yang cukup antara satu adonan dan adonan lainnya. Tekan-tekan adonan dengan ujung sendok untuk membentuk bentuk bulat dan pipih.\
  5. Goreng Hingga Matang: Goreng adonan dalam minyak panas hingga kedua sisinya berwarna keemasan dan matang sempurna. Pastikan untuk membalik adonan agar matang merata.
  6. Angkat dan Tiriskan: Setelah matang, angkat kue Baruasa dari minyak panas dan tiriskan di atas kertas minyak atau tisu dapur untuk menghilangkan sisa minyak.
  7. Sajikan: Kue Baruasa siap disajikan! Anda dapat menikmatinya selagi hangat atau menyimpannya dalam wadah kedap udara untuk dinikmati nanti.
See also  Resep Martabak Manis Mini, Camilan Manis yang Praktis dan Lezat

Kue Baruasa memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya begitu istimewa. Salah satunya adalah tekstur renyah di luar namun lembut di dalam, yang membuat setiap gigitan menjadi pengalaman yang memuaskan. Selain itu, aroma harum santan dan vanili yang tercium begitu kue ini digoreng juga menjadi daya tarik tersendiri.

Dengan resep yang sederhana namun menghasilkan kue yang lezat dan menggugah selera, kue Baruasa adalah pilihan yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga dan teman. Cobalah untuk membuatnya di rumah dan rasakan kelezatan cita rasa tradisional Indonesia yang autentik. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Dengan begitu, Anda telah memiliki panduan lengkap untuk membuat kue Baruasa sendiri di rumah. Selamat mencoba dan nikmati hasilnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − two =