Resep Butterscotch Pudding

Butterscotch pudding adalah hidangan penutup klasik yang terbuat dari campuran gula cair, mentega, dan susu yang diolah menjadi krim lembut dan lezat. Dengan sentuhan rasa karamel yang manis dan aroma mentega yang khas, butterscotch pudding selalu menjadi favorit di meja makan. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep butterscotch pudding yang lezat serta langkah-langkahnya secara detail. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan informasi menarik tentang asal usul butterscotch pudding dan tips untuk menghidangkan hidangan ini dengan sempurna.

Asal usul butterscotch pudding berakar pada abad ke-19 di Inggris dan Skotlandia. Istilah “butterscotch” pada awalnya merujuk pada permen yang terbuat dari mentega dan gula, yang diiris dan dihidangkan setelah mengeras. Seiring berjalannya waktu, konsep rasa butterscotch diaplikasikan dalam berbagai hidangan, termasuk dalam pembuatan puding. Pada masa itu, puding merupakan hidangan penutup yang populer di kalangan masyarakat kelas menengah hingga atas.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • 200 gram gula pasir
  • 100 gram mentega
  • 2 sendok makan air
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 2 telur
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 500 ml susu segar

Langkah-langkah:

  1. Mencairkan Gula dan Mentega: Pertama-tama, panaskan gula pasir dalam panci dengan api sedang. Aduk terus sampai gula meleleh dan berubah warna menjadi kecokelatan. Tambahkan mentega dan aduk hingga mentega sepenuhnya meleleh dan tercampur rata dengan gula.
  2. Membuat Campuran Butterscotch: Setelah mentega meleleh, tuangkan 2 sendok makan air ke dalam panci. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur sempurna. Biarkan campuran mendidih selama 2-3 menit sambil terus diaduk agar tidak gosong.
  3. Menghangatkan Susu: Sambil menyiapkan campuran butterscotch, panaskan susu segar dalam panci terpisah. Jangan biarkan susu mendidih, cukup hangatkan hingga hampir mendidih saja.
  4. Mengocok Telur dan Tepung Maizena: Dalam mangkuk terpisah, kocok telur dan tepung maizena hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang halus.
  5. Menggabungkan Semua Bahan: Tuangkan campuran butterscotch ke dalam susu hangat secara perlahan sambil terus diaduk. Kemudian, tuangkan campuran telur dan tepung maizena ke dalam campuran susu dan butterscotch. Aduk terus dengan hati-hati agar adonan tidak menggumpal.
  6. Memasak Puding: Kembalikan panci ke kompor dengan api sedang. Masak adonan sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan melekat pada sendok kayu. Ini akan memakan waktu sekitar 10-15 menit.
  7. Tambahkan Vanila: Setelah adonan mengental, matikan api dan tambahkan ekstrak vanila. Aduk rata agar vanila tercampur dengan baik dalam adonan.
  8. Penyajian: Tuangkan butterscotch pudding ke dalam mangkuk atau cetakan saji. Diamkan beberapa saat hingga pudding sedikit mendingin, lalu tutup permukaannya dengan plastik wrap atau kertas lilin. Biarkan pudding dingin di lemari es selama beberapa jam atau semalaman sebelum disajikan.
See also  Resep Puding Kelapa Muda

Tips Menghidangkan:

  • Sajikan butterscotch pudding dengan taburan kepingan almond panggang atau kacang pecan untuk memberikan tekstur dan rasa yang kontras.
  • Beri hiasan whipped cream di atas puding sebelum disajikan untuk menambah kelembutan dan kesan mewah.
  • Jika ingin variasi rasa, Anda bisa menambahkan sedikit garam laut halus ke dalam campuran butterscotch untuk memberikan dimensi rasa yang lebih kompleks.

Butterscotch pudding adalah hidangan penutup yang memukau dengan rasa manis karamel yang lezat. Dengan resep di atas, Anda dapat menciptakan nikmatnya butterscotch pudding sendiri di rumah dengan mudah. Selamat menikmati kelezatan puding butterscotch yang menggoda selera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − sixteen =