Resep Ikan Bandeng Gulai

Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Ikan bandeng memiliki daging yang lembut, gurih, dan kaya akan protein. Namun, ikan bandeng juga memiliki banyak duri yang membuatnya sulit untuk dimakan. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih untuk mengolah ikan bandeng dengan cara presto, yaitu memasaknya dengan tekanan tinggi sehingga duri-durinya menjadi lunak dan tidak terasa.

Salah satu resep yang bisa Anda coba untuk mengolah ikan bandeng presto adalah gulai ikan bandeng. Gulai ikan bandeng adalah masakan khas Indonesia yang menggunakan kuah santan yang kental dan berwarna kuning. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat gulai ikan bandeng antara lain bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, jahe, kunyit, lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam, garam, gula, dan kaldu bubuk. Gulai ikan bandeng sangat cocok disajikan dengan nasi hangat dan lalapan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat gulai ikan bandeng yang lezat dan sedap:

  1. Siapkan ikan bandeng ukuran agak besar sebanyak 1 ekor. Bersihkan ikan bandeng, buang sisik, insang, dan isi perutnya. Patahkan tulang ekornya, kemudian potong menjadi 4 bagian, cuci bersih. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, biarkan beberapa saat, lalu bilas sampai bersih, sisihkan.
  2. Siapkan bumbu halus. Haluskan 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 buah cabe keriting, 3 butir kemiri, 1 cm jahe, dan 3 cm kunyit dengan menggunakan blender atau cobek. Sisihkan.
  3. Siapkan bumbu pelengkap. Iris tipis 2 cm lengkuas, geprek 1 batang serai, dan buang tulang 3 lembar daun jeruk. Sisihkan.
  4. Siapkan santan. Parut 1/4 butir kelapa, lalu peras dengan air hangat untuk mendapatkan santan kental sebanyak 150 ml dan santan encer sebanyak 400 ml. Sisihkan.
  5. Panaskan 3 sdm minyak goreng dalam panci, tumis bumbu halus dan bumbu pelengkap sampai harum. Masukkan santan encer, masak sambil terus diaduk sampai mendidih.
  6. Masukkan ikan bandeng, beri 3/4 sdt garam, 1/2 sdt gula, dan 1/2 sdt kaldu bubuk. Masak dengan api kecil sampai ikan matang.
  7. Masukkan santan kental, masak sampai mendidih sambil diaduk perlahan. Koreksi rasanya, jika sudah pas angkat.
  8. Gulai ikan bandeng siap disajikan dengan nasi hangat dan lalapan.
See also  Resep Model Ikan Palembang: Menyajikan Kelezatan Ikan Asap ala Palembang

Demikianlah resep gulai ikan bandeng yang bisa Anda coba di rumah. Resep ini mudah dan praktis untuk dibuat, serta menghasilkan rasa yang nikmat dan menggugah selera. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − 7 =