Resep Lawar Ayam: Nikmatnya Paduan Rasa Tradisional Bali

Lawar ayam adalah salah satu hidangan tradisional khas Bali yang terkenal dengan kelezatan dan keunikan rasanya. Dalam hidangan ini, daging ayam yang diolah dengan bumbu khas Bali seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah-rempah, kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain seperti sayur-sayuran dan kelapa parut. Hasilnya adalah hidangan yang kaya rasa dan tekstur, serta memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Berikut adalah resep lawar ayam yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 1 ekor ayam, potong-potong
  2. 200 gram kelapa parut, sangrai
  3. 2 batang serai, memarkan
  4. 4 lembar daun salam
  5. 4 lembar daun jeruk
  6. 2 cm lengkuas, memarkan
  7. 2 cm jahe, memarkan
  8. 2 cm kunyit, memarkan
  9. 4 lembar daun pisang, untuk alas penyajian

Bahan bumbu yang dihaluskan:

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 4 buah cabai merah keriting
  4. 3 buah cabai rawit (sesuaikan dengan selera)
  5. 2 cm kencur
  6. 2 butir kemiri
  7. Garam secukupnya
  8. Gula secukupnya

Bahan pelengkap:

  1. 100 gram kacang panjang, potong-potong
  2. 100 gram kecambah
  3. 1 batang daun bawang, iris halus
  4. 1 batang seledri, iris halus
  5. 1 sendok makan minyak goreng

Cara membuat lawar ayam:

  1. Pertama, rebus potongan ayam dalam air mendidih hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu yang dihaluskan bersama serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, dan kunyit hingga harum.
  3. Masukkan potongan ayam yang sudah direbus ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap ke dalam daging ayam selama beberapa menit.
  4. Setelah itu, tambahkan kelapa parut sangrai ke dalam wajan. Aduk rata dan masak sebentar hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  5. Angkat lawar ayam dari wajan dan dinginkan sejenak.
  6. Selanjutnya, siapkan bahan pelengkap. Panaskan minyak dalam wajan, tumis kacang panjang hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  7. Campurkan kacang panjang, kecambah, daun bawang, dan seledri ke dalam lawar ayam yang sudah dingin. Aduk rata.
  8. Siapkan daun pisang sebagai alas penyajian. Letakkan lawar ayam di atas daun pisang dan sajikan dengan nasi hangat.
See also  Resep Nasi Biryani Ayam: Lezatnya Perpaduan Aroma dan Rasa yang Menggoda

Lawar ayam siap untuk dinikmati. Hidangan ini memiliki cita rasa yang kaya, mulai dari gurih daging ayam yang empuk, aroma harum dari rempah-rempah Bali, hingga kelezatan kelapa parut yang memberikan sentuhan gurih dan tekstur yang unik. Ditambah dengan kehadiran bahan pelengkap seperti kacang panjang, kecambah, daun bawang, dan seledri, memberikan sensasi segar dan renyah dalam setiap suapan.

Selain kelezatannya, lawar ayam juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Ayam sebagai sumber protein, kelapa parut yang kaya serat dan lemak sehat, serta sayur-sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral, menjadikan hidangan ini cocok sebagai menu sehari-hari yang sehat dan bergizi.

Lawar ayam adalah salah satu hidangan yang identik dengan upacara adat Bali, seperti upacara pernikahan atau hari raya. Namun, Anda tidak perlu menunggu momen khusus untuk menikmati hidangan ini. Dengan resep yang sederhana dan bahan-bahan yang mudah ditemukan, Anda bisa mencoba membuatnya di rumah dan mengundang keluarga atau teman-teman untuk menikmati hidangan khas Bali yang autentik ini.

Demikianlah resep lawar ayam yang dapat Anda coba. Selamat mencoba dan selamat menikmati kelezatan tradisional Bali dalam sajian yang spesial ini. Semoga hidangan ini dapat memanjakan lidah dan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi Anda dan keluarga. Selamat memasak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − one =