Keripik Peyek Udang Kecepe: Cemilan Gurih dan Renyah yang Mudah Dibuat

Keripik peyek udang kecepe adalah salah satu jenis peyek yang populer di Indonesia. Peyek adalah cemilan khas Nusantara yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan berbagai bahan seperti kacang, ikan teri, udang, atau rempeyek. Peyek biasanya digoreng hingga kering dan renyah, lalu disajikan sebagai lauk atau camilan.

Salah satu varian peyek yang banyak disukai adalah peyek udang kecepe. Udang kecepe adalah udang kering yang berukuran kecil dan memiliki rasa gurih. Udang kecepe sering digunakan sebagai bumbu masakan atau campuran peyek. Peyek udang kecepe memiliki rasa yang enak, lezat, dan gurih. Peyek udang kecepe juga mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana dan murah.

Berikut ini adalah resep dan cara membuat keripik peyek udang kecepe yang bisa Anda coba di rumah. Resep ini menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami, seo friendly, tutorial, informative, dan 100% unik. Resep ini juga merupakan panduan memasak yang lengkap dan jelas. Resep ini bisa menghasilkan sekitar 30 buah peyek udang kecepe dengan ukuran sedang.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  • 100 gram tepung beras
  • 50 gram tepung kanji
  • 250 gram udang kecepe
  • 500 ml air
  • 500 ml minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan

  • 5 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 2 ruas kencur
  • Ketumbar secukupnya

Cara Membuat Keripik Peyek Udang Kecepe

  1. Cuci bersih udang kecepe, lalu tiriskan. Sisihkan.
  2. Haluskan bawang putih, kemiri, kencur, dan ketumbar dengan blender atau ulekan. Sisihkan.
  3. Campur tepung beras dan tepung kanji dalam sebuah wadah. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Jangan terlalu encer atau terlalu kental.
  4. Masukkan bumbu halus, garam, dan penyedap rasa ke dalam adonan tepung. Aduk rata dan koreksi rasanya.
  5. Masukkan udang kecepe ke dalam adonan tepung. Aduk rata lagi.
  6. Panaskan minyak goreng dalam wajan di atas api sedang. Pastikan minyak cukup banyak dan panas.
  7. Ambil satu sendok sayur adonan peyek, lalu siramkan ke pinggiran wajan. Ratakan adonan dengan sendok agar tidak terlalu tebal.
  8. Goreng peyek hingga matang dan berwarna kecoklatan. Balik peyek sesekali agar tidak gosong.
  9. Angkat peyek dan tiriskan dari minyak. Ulangi langkah 7-9 hingga adonan habis.
  10. Keripik peyek udang kecepe siap disajikan atau disimpan dalam wadah kedap udara.
See also  Resep Kentang Mustofa

Tips Membuat Keripik Peyek Udang Kecepe

  • Gunakan udang kecepe yang berkualitas dan segar. Anda bisa membelinya di pasar tradisional, supermarket, atau toko online. Jika Anda kesulitan mencari udang kecepe, Anda bisa menggantinya dengan udang kering yang lain, seperti udang ebi atau udang rebon.
  • Gunakan tepung beras dan tepung kanji yang halus dan berkualitas. Tepung beras dan tepung kanji akan membuat peyek menjadi renyah dan tidak mudah lembek. Anda bisa membeli tepung beras dan tepung kanji di toko-toko bahan kue atau supermarket.
  • Jangan terlalu banyak menambahkan air ke dalam adonan tepung. Jika adonan terlalu encer, peyek akan menjadi lembek dan tidak renyah. Jika adonan terlalu kental, peyek akan menjadi keras dan tidak enak. Anda bisa menyesuaikan konsistensi adonan sesuai dengan selera Anda.
  • Jangan terlalu banyak menambahkan bumbu halus ke dalam adonan tepung. Jika bumbu terlalu banyak, peyek akan menjadi pahit dan tidak gurih. Anda bisa menambahkan bumbu halus secukupnya sesuai dengan selera Anda.
  • Jangan terlalu banyak menambahkan udang kecepe ke dalam adonan tepung. Jika udang kecepe terlalu banyak, peyek akan menjadi padat dan tidak renyah. Anda bisa menambahkan udang kecepe secukupnya sesuai dengan selera Anda.
  • Goreng peyek dengan api sedang dan minyak yang cukup banyak. Jika api terlalu besar, peyek akan cepat gosong dan tidak matang. Jika api terlalu kecil, peyek akan menjadi lembek dan berminyak. Jika minyak terlalu sedikit, peyek akan menjadi kering dan tidak gurih. Anda bisa mengatur api dan minyak sesuai dengan kondisi peyek Anda.
  • Goreng peyek hingga berwarna kecoklatan dan matang. Jangan terlalu lama menggoreng peyek, karena peyek akan menjadi hitam dan pahit. Jangan terlalu cepat mengangkat peyek, karena peyek akan menjadi mentah dan tidak renyah. Anda bisa mengangkat peyek saat warnanya sudah kecoklatan dan terlihat kering.
  • Tiriskan peyek dari minyak sebelum disajikan atau disimpan. Jika peyek masih berminyak, peyek akan menjadi lembek dan tidak sehat. Anda bisa meniriskan peyek dengan menggunakan kertas minyak, saringan, atau wadah berlubang.
See also  Resep Amplang Krupuk Ikan

Demikianlah artikel tentang keripik peyek udang kecepe yang saya buat untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda membuat peyek udang kecepe yang enak dan renyah. Selamat mencoba dan selamat menikmati. 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =