Menggoda Selera dengan Resep Sambal Cumi yang Lezat dan Pedas

Sambal adalah saus pedas yang menjadi bagian penting dari kuliner Indonesia. Keberagaman jenis sambal yang ada mencerminkan kekayaan cita rasa Indonesia. Salah satu jenis sambal yang tak kalah menggoda adalah sambal cumi. Sambal ini memiliki sentuhan pedas yang pas dan cita rasa unik dari cumi segar. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep sambal cumi yang lezat dan pedas, serta langkah-langkah dalam membuatnya.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan:

  1. Cumi segar (500 gram), bersihkan dan potong-potong
  2. Bawang putih (5 siung), cincang halus
  3. Bawang merah (3 siung), cincang halus
  4. Cabai merah besar (5 buah), sesuai selera
  5. Tomat (2 buah), potong menjadi dadu kecil
  6. Gula (1 sendok makan)
  7. Garam (setengah sendok makan)
  8. Minyak goreng (3 sendok makan)
  9. Air perasan jeruk limau (2 sendok makan)
  10. Kaldu bubuk (secukupnya)
  11. Daun bawang (secukupnya), iris tipis untuk hiasan

Langkah-langkah Pembuatan

  1. Menyiapkan Bahan Utama

    Pertama-tama, bersihkan cumi dengan air mengalir dan potong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sesuai selera. Pastikan cumi benar-benar bersih dari kotoran.

  2. Menyiapkan Bumbu

    Siapkan bawang putih, bawang merah, dan cabai merah. Cincang bawang putih dan bawang merah hingga halus. Anda dapat menyesuaikan jumlah cabai merah sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.

  3. Proses Penggorengan

    Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah yang telah dicincang hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan.

  4. Tambahkan Cabai dan Tomat

    Masukkan potongan cabai merah dan tomat ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga cabai dan tomat layu serta mengeluarkan aroma yang sedap.

  5. Penyedap Rasa

    Tambahkan gula, garam, dan sedikit kaldu bubuk ke dalam campuran cabai dan tomat. Aduk merata agar bumbu tercampur dengan baik.

  6. Masukkan Cumi

    Saat bumbu sudah tercampur rata, masukkan potongan cumi ke dalam wajan. Aduk-aduk dengan hati-hati agar cumi matang merata dan bumbu meresap ke dalam cumi.

  7. Tambahkan Jeruk Limau

    Setelah cumi matang, tuangkan air perasan jeruk limau ke dalam wajan. Jeruk limau akan memberikan sentuhan segar yang pas pada sambal cumi ini.

  8. Penyajian

    Angkat sambal cumi dari wajan dan sajikan dalam piring saji. Taburi potongan daun bawang di atasnya untuk memberikan aroma segar dan tampilan yang lebih menarik.

Sambal cumi adalah hidangan yang menggabungkan rasa pedas, segar, dan gurih dalam setiap gigitannya. Resep sambal cumi di atas dapat Anda coba sendiri di rumah untuk menikmati cita rasa autentik Indonesia. Jangan ragu untuk menyesuaikan jumlah cabai sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba dan semoga makanan lezat ini dapat memanjakan lidah Anda!

See also  Resep Sambal Pecel Pedas dan Tahan Lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 3 =