Resep Sambal Pecel Pedas dan Tahan Lama

Sambal pecel adalah salah satu sambal khas Indonesia yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang. Sambal pecel biasanya disajikan dengan sayur-sayuran rebus seperti bayam, kangkung, kacang panjang, tauge, dan lain-lain. Selain itu, sambal pecel juga cocok dipadukan dengan lauk seperti tempe, tahu, ayam, ikan, atau gorengan.

Sambal pecel terbuat dari bahan-bahan alami seperti kacang tanah, cabe, bawang putih, kencur, gula merah, asam jawa, dan daun jeruk. Bahan-bahan ini dihaluskan dan dicampur menjadi satu, lalu direbus dengan air hingga mengental dan matang. Sambal pecel memiliki rasa yang gurih, pedas, manis, dan asam, serta aroma yang harum dan menggugah selera.

Membuat sambal pecel sendiri di rumah sebenarnya tidak sulit, asalkan Anda memiliki bahan-bahan yang lengkap dan cara yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa membuat sambal pecel dalam jumlah banyak dan menyimpannya dalam wadah yang rapat untuk stok di rumah. Sambal pecel yang dibuat dengan cara yang benar bisa tahan lama hingga beberapa minggu di dalam kulkas.

Berikut adalah resep sambal pecel pedas dan tahan lama yang bisa Anda coba di rumah:

Bahan-bahan:

  • 200 gram kacang tanah, sangrai hingga matang dan kulitnya terkelupas
  • 100 gram gula merah, sisir halus
  • 10 siung bawang putih, kupas
  • 50 gram cabe merah keriting, buang bijinya
  • 20 buah cabe rawit merah, buang tangkainya
  • 30 gram kencur, kupas dan cuci bersih
  • 5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya dan iris halus
  • 2 sendok teh garam, atau sesuai selera
  • 2 sendok makan asam jawa, larutkan dengan 100 ml air panas dan saring
  • 500 ml air
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat:

  1. Haluskan kacang tanah dengan blender atau cobek hingga berbentuk kasar. Sisihkan dalam wadah.
  2. Haluskan bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kencur, dan garam dengan blender atau cobek hingga halus. Tambahkan sedikit air jika perlu untuk memudahkan proses penghalusan.
  3. Panaskan minyak goreng dalam panci, lalu tumis bumbu halus hingga harum dan matang, sekitar 15 menit. Aduk terus agar tidak gosong.
  4. Masukkan gula merah, daun jeruk, dan air asam jawa, aduk rata. Masak hingga gula larut dan mendidih.
  5. Masukkan kacang tanah halus, aduk rata. Masak dengan api kecil hingga sambal mengental dan berminyak, sekitar 20 menit. Aduk sesekali agar tidak gosong atau lengket di dasar panci.
  6. Angkat sambal pecel dari api, biarkan dingin. Masukkan ke dalam wadah yang bersih dan kering, tutup rapat. Simpan di dalam kulkas hingga siap digunakan.
  7. Sambal pecel pedas dan tahan lama siap disajikan dengan sayur-sayuran rebus dan lauk favorit Anda. Selamat mencoba!
See also  Resep Sambal Bakso: Cara Membuat Sambal Pedas yang Menggugah Selera

Tips:

– Anda bisa menyesuaikan jumlah cabe sesuai dengan tingkat kepedasan yang Anda suka. Jika suka lebih pedas, tambahkan cabe rawit. Jika suka lebih manis, tambahkan gula merah.
– Anda bisa menambahkan bahan lain seperti terasi, kemiri, atau daun salam untuk memberikan rasa dan aroma yang lebih kaya pada sambal pecel Anda.
– Anda bisa mengencerkan sambal pecel dengan air panas sesuai dengan kekentalan yang Anda inginkan saat menyajikannya. Jangan mengencerkan sambal pecel sebelum disimpan, karena bisa memperpendek masa simpannya.
– Anda bisa menyimpan sambal pecel dalam wadah plastik atau kaca yang bersih dan kering, dan tutup rapat. Simpan di dalam kulkas agar lebih awet. Sambal pecel bisa tahan lama hingga 3-4 minggu di dalam kulkas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =