Resep Bolu Gulung Batik: Lezatnya Cita Rasa Tradisional dengan Sentuhan Modern

Bolu gulung adalah salah satu jenis kue yang tidak pernah lekang oleh waktu. Rasanya yang lezat dan penampilannya yang cantik membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk acara spesial atau sekadar camilan di sore hari. Salah satu varian bolu gulung yang sangat populer adalah bolu gulung batik. Bolu gulung batik menggabungkan kelezatan bolu gulung dengan sentuhan tradisional batik Indonesia, menciptakan harmoni yang sempurna antara cita rasa dan keindahan visual. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep bolu gulung batik yang lezat dan mudah diikuti, sehingga Anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 6 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sendok teh emulsifier
  • 125 gram tepung terigu
  • 25 gram maizena
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • Pewarna makanan merah, kuning, dan hijau
  • 2 sendok makan cokelat bubuk
  • 2 sendok makan air matang

Langkah-langkah:

  1. Siapkan loyang persegi dengan ukuran sekitar 20×20 cm. Oleskan margarin tipis-tipis pada loyang dan taburi dengan sedikit tepung terigu. Setelah itu, siapkan juga kain batik yang bersih untuk memberikan motif pada bolu gulung.
  2. Pisahkan putih telur dan kuning telur. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi menggunakan mixer hingga berbusa. Tambahkan setengah dari gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang dan mengkilap.
  3. Dalam wadah terpisah, kocok kuning telur dan sisanya gula pasir hingga mengembang dan berwarna kuning pucat. Tambahkan emulsifier dan kocok hingga tercampur rata.
  4. Masukkan adonan kuning telur ke dalam adonan putih telur yang telah dikocok. Aduk perlahan menggunakan spatula dengan gerakan melingkar dari bawah ke atas hingga tercampur rata.
  5. Campurkan tepung terigu, maizena, susu bubuk, dan vanili bubuk dalam wadah terpisah. Ayak campuran tersebut ke dalam adonan telur sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan hingga rata dan tidak ada gumpalan.
  6. Bagi adonan menjadi tiga bagian yang sama besar. Pada satu bagian adonan, tambahkan pewarna merah. Pada bagian kedua, tambahkan pewarna kuning. Dan pada bagian ketiga, tambahkan pewarna hijau. Aduk rata masing-masing adonan.
  7. Ambil satu sendok sayur adonan merah dan tuang ke tengah loyang. Ratakan adonan menggunakan spatula. Kemudian, ambil satu sendok sayur adonan kuning dan tuang di atas adonan merah. Ratakan kembali dengan spatula. Lakukan hal yang sama dengan adonan hijau.
  8. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Panggang adonan dalam loyang selama 20-25 menit atau hingga matang. Untuk memastikan kematangan, gunakan tusuk gigi yang akan keluar bersih jika ditusukkan ke dalam bolu.
  9. Setelah matang, keluarkan loyang dari oven dan biarkan dingin sejenak. Lepaskan bolu gulung dari loyang dan letakkan di atas kain batik yang telah Anda siapkan sebelumnya.
  10. Campurkan cokelat bubuk dengan air matang hingga membentuk pasta kental. Gunakan pasta cokelat ini untuk memberikan motif batik pada permukaan bolu gulung. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kuas atau sendok.
  11. Setelah selesai memberikan motif batik, gulung bolu dengan hati-hati menggunakan kain batik sebagai bantuan. Pastikan gulungan bolu tidak terlalu longgar atau terlalu ketat.
  12. Dinginkan bolu gulung batik dalam lemari es selama beberapa jam agar lebih mudah dipotong dan rasanya menjadi lebih lezat.
See also  Resep Bolu Panggang Keju

Bolu gulung batik siap disajikan! Anda dapat menyajikannya sebagai hidangan penutup di acara spesial atau sebagai camilan yang lezat di rumah. Bolu gulung batik ini juga dapat dijadikan sebagai hadiah yang indah untuk orang terkasih. Selamat mencoba dan selamat menikmati kelezatan tradisional dengan sentuhan modern dalam resep bolu gulung batik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + six =