Resep Wajik Ketan Pandan: Nikmatnya Manisnya Kue Tradisional Indonesia

Indonesia kaya akan warisan kuliner tradisional yang menggugah selera. Salah satu makanan yang tidak boleh terlewatkan adalah wajik ketan pandan. Wajik ketan pandan adalah sejenis kue tradisional yang terbuat dari beras ketan yang manis, lembut, dan memiliki aroma pandan yang khas. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi resep wajik ketan pandan yang lezat dan sederhana untuk Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat wajik ketan pandan ini cukup mudah ditemukan dan biasanya tersedia di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda perlukan:

  • 300 gram beras ketan
  • 200 ml santan kental
  • 200 gram gula merah, serut halus
  • 1 sendok makan air daun pandan, diambil dari ekstraksi daun pandan yang telah dihaluskan dan disaring
  • 1/2 sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus wajik

Setelah Anda menyiapkan semua bahan, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat wajik ketan pandan yang lezat:

Langkah 1: Cuci beras ketan dengan air bersih dan rendam dalam air selama minimal 2 jam. Setelah itu, tiriskan airnya.

Langkah 2: Campurkan beras ketan yang telah direndam dengan santan kental, serutan gula merah, air daun pandan, dan garam dalam panci. Aduk rata.

Langkah 3: Masak campuran beras ketan dan bahan lainnya di atas api sedang sambil terus diaduk. Pastikan tidak ada bahan yang menggumpal di bagian dasar panci.

Langkah 4: Terus masak hingga santan meresap dan beras ketan menjadi lengket. Aduk-aduk secara teratur agar tidak gosong.

Langkah 5: Siapkan loyang atau wadah yang dilapisi daun pisang untuk membentuk wajik. Tuang adonan ketan yang sudah matang ke dalam wadah tersebut dan ratakan permukaannya.

See also  Resep Tela Tela Singkong

Langkah 6: Diamkan wajik ketan pandan selama beberapa jam hingga mengeras. Anda juga dapat memasukkan wajik ke dalam kulkas untuk mempercepat proses pengerasan.

Langkah 7: Setelah wajik ketan pandan mengeras, potong-potong menjadi bentuk segi enam atau sesuai selera Anda.

Wajik ketan pandan siap disajikan! Anda dapat menyantapnya sebagai camilan manis atau hidangan penutup setelah makan. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang kenyal membuat wajik ini menjadi favorit banyak orang.

Tidak hanya enak, wajik ketan pandan juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Ketan, sebagai bahan utamanya, mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan memberikan energi yang tahan lama. Selain itu, pandan dikenal memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan alami.

Bagi Anda yang ingin bereksperimen dengan rasa, Anda dapat menambahkan bahan tambahan seperti kacang-kacangan cincang, biji wijen, atau potongan buah kering ke dalam adonan wajik. Hal ini akan memberikan variasi rasa dan tekstur yang menarik.

Demikianlah resep wajik ketan pandan yang lezat dan sederhana. Kini Anda dapat membuat kue tradisional Indonesia yang menggugah selera ini di rumah. Nikmati kelezatan wajik ketan pandan bersama keluarga dan teman-teman terdekat Anda. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − nine =