Resep Kekian Ayam Udang: Lezat dan Praktis untuk Hidangan Spesial

Resep Kekian Ayam Udang: Lezat dan Praktis untuk Hidangan Spesial

Kekian ayam udang adalah salah satu hidangan yang populer dalam masakan Tionghoa. Hidangan ini terkenal karena rasa yang lezat dan tekstur yang renyah. Kekian ayam udang bisa disajikan sebagai makanan pembuka atau sebagai lauk pendamping nasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep kekian ayam udang yang praktis dan lezat untuk Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kekian ayam udang cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram daging ayam cincang
  • 250 gram udang yang telah dikupas kulitnya dan dicincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok teh gula
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 20 lembar kulit pangsit

Untuk langkah pertama, siapkan wadah dan campurkan daging ayam cincang, udang cincang, bawang putih cincang, kecap ikan, saus tiram, gula, garam, dan merica bubuk. Aduk rata sampai semua bahan tercampur sempurna. Setelah itu, tambahkan telur kocok lepas dan tepung maizena. Aduk kembali hingga adonan terlihat padat dan mudah dibentuk.

Selanjutnya, ambil satu lembar kulit pangsit dan letakkan sejumput adonan di tengahnya. Lipat keempat ujung kulit pangsit sehingga membentuk segitiga. Tekan ujung-ujungnya dengan sedikit air untuk menempelkan kulit pangsit. Lakukan langkah yang sama sampai adonan habis.

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng kekian ayam udang hingga kecokelatan. Setelah minyak panas, masukkan beberapa kekian ayam udang ke dalam wajan. Goreng hingga kekian berwarna kecokelatan dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan kekian dari minyak berlebih.

See also  Resep Ceker Kecap Pedas

Kekian ayam udang siap disajikan! Hidangan ini lebih nikmat saat masih hangat. Anda bisa menambahkan saus cabai atau saus tomat sebagai pelengkap. Selain itu, kekian ayam udang juga bisa dihidangkan bersama nasi putih dan sayuran rebus sebagai hidangan utama.

Selain mudah dibuat, kekian ayam udang juga memiliki nilai gizi yang baik. Daging ayam mengandung protein yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Udang juga merupakan sumber protein yang baik serta kaya akan asam amino essensial. Kombinasi daging ayam dan udang dalam kekian memberikan hidangan yang lezat dan bergizi.

Dalam memasak kekian ayam udang, penting untuk memperhatikan teknik penggorengan yang tepat. Pastikan minyak dalam kondisi panas sebelum memasukkan kekian ke dalam wajan. Hal ini akan membantu kekian menjadi renyah dan tidak terlalu berminyak.

Selain itu, kekian ayam udang juga bisa diolah menjadi hidangan vegetarian dengan mengganti daging ayam dan udang dengan sayuran cincang seperti wortel dan jamur. Variasi ini cocok bagi Anda yang menjalani pola makan vegetarian atau ingin mencoba variasi rasa yang baru.

Dengan resep kekian ayam udang yang praktis ini, Anda bisa menyajikan hidangan spesial bagi keluarga dan teman-teman. Kelezatan kekian ayam udang yang renyah dan gurih pasti akan menjadi favorit di setiap meja makan. Cobalah resep ini dan nikmati kehangatan hidangan yang lezat ini bersama orang-orang terkasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + seventeen =