Resep Napoleon Cake: Nikmatnya Manisnya Kreasi Klasik Rusia

Napoleon Cake, atau yang dikenal juga dengan nama Mille-Feuille, adalah salah satu hidangan penutup klasik yang terkenal di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang asal-usul, bahan-bahan, serta langkah-langkah untuk membuat Napoleon Cake yang lezat dan menggugah selera. Jadi, siapkan bahan-bahan dan ikuti langkah-langkahnya untuk menikmati hidangan manis yang istimewa ini.

Asal-Usul Napoleon Cake: Napoleon Cake pertama kali diperkenalkan di Rusia pada abad ke-19 dan diberi nama “Napoleon” untuk menghormati Napoleon Bonaparte, seorang jenderal terkenal Prancis. Hidangan ini terinspirasi oleh kue tradisional Prancis yang disebut “mille-feuille,” yang berarti “seribu lapis” dalam bahasa Prancis. Setelah diperkenalkan di Rusia, Napoleon Cake segera menjadi salah satu kue yang paling populer di negara tersebut dan kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia.

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

  1. Lembaran puff pastry segar
  2. Gula halus untuk taburan
  3. Untuk krim:
    • 500 ml susu cair
    • 150 gram gula pasir
    • 6 kuning telur
    • 50 gram tepung terigu
    • 1 sendok teh ekstrak vanila
    • 200 gram mentega, suhu ruang

Langkah-Langkah Pembuatan Napoleon Cake:

  1. Pertama, panaskan oven hingga suhu 200 derajat Celsius.
  2. Ambil lembaran puff pastry segar dan potong menjadi empat persegi panjang yang sama.
  3. Letakkan potongan-potongan puff pastry di atas loyang yang dilapisi dengan kertas roti.
  4. Gunakan garpu untuk menusuk permukaan puff pastry agar tidak mengembang saat dipanggang.
  5. Panggang puff pastry dalam oven yang sudah dipanaskan selama sekitar 15-20 menit atau hingga berwarna keemasan dan mengembang. Setelah itu, keluarkan dari oven dan dinginkan.
  6. Untuk membuat krim, campurkan kuning telur dan gula pasir dalam mangkuk besar. Kocok hingga adonan mengental dan berwarna kuning cerah.
  7. Tambahkan tepung terigu dan ekstrak vanila ke dalam adonan kuning telur. Aduk rata.
  8. Panaskan susu cair dalam panci hingga mendidih. Setelah itu, tuangkan sedikit-sedikit susu panas ke dalam adonan kuning telur sambil terus diaduk agar kuning telur tidak menggumpal.
  9. Kembalikan campuran kuning telur dan susu ke dalam panci, masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga kental.
  10. Setelah kental, matikan api dan biarkan adonan krim dingin selama beberapa menit.
  11. Selanjutnya, tambahkan mentega suhu ruang ke dalam adonan krim yang sudah dingin. Kocok hingga adonan menjadi lembut dan beraroma vanilla.
  12. Ambil selembar puff pastry yang sudah dingin dan oleskan krim secara merata di atasnya. Lakukan hal yang sama untuk semua lapisan puff pastry yang tersisa.
  13. Terakhir, taburi bagian atas kue dengan gula halus.
  14. Dinginkan kue dalam lemari es selama minimal 3 jam sebelum disajikan.
See also  Resep Kue Baruasa

Nikmatnya Napoleon Cake: Setelah kue Napoleon dingin dan cukup teratur, Anda dapat memotongnya menjadi potongan-potongan kecil dan menikmatinya sebagai hidangan penutup yang lezat. Rasa renyah puff pastry yang dilapisi dengan krim lembut dan manis akan memanjakan lidah Anda. Kelembutan krimnya yang dihasilkan dari perpaduan kuning telur, susu, dan mentega memberikan sentuhan yang sempurna pada setiap gigitan. Kelezatan Napoleon Cake telah membuatnya menjadi salah satu hidangan penutup yang paling dicari dan disukai oleh banyak orang di seluruh dunia.

Dengan resep Napoleon Cake ini, Anda dapat membuat hidangan penutup klasik Rusia yang istimewa ini di rumah. Rasakan kelezatan dan keindahan sejarah yang terkandung dalam setiap lapisan kue ini. Jadikan Napoleon Cake sebagai pilihan istimewa untuk acara keluarga, perayaan, atau bahkan sebagai camilan pribadi Anda. Selamat mencoba dan selamat menikmati kelezatan manis dari Napoleon Cake!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =