Resep Pepes Telur Ikan

Pepes telur ikan adalah salah satu masakan khas Indonesia yang sangat lezat dan mudah dibuat. Pepes telur ikan merupakan olahan telur ikan yang dibumbui dengan aneka rempah-rempah dan dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus hingga matang. Pepes telur ikan memiliki aroma yang harum dan rasa yang gurih, serta tekstur yang lembut dan kenyal. Pepes telur ikan cocok disajikan sebagai lauk pauk untuk nasi hangat, atau sebagai camilan di sore hari.

Telur ikan yang digunakan untuk membuat pepes telur ikan bisa berasal dari berbagai jenis ikan, seperti ikan tenggiri, ikan kakap, ikan baung, ikan mas, ikan tuna, dan lain-lain. Telur ikan memiliki kandungan protein, lemak, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan. Telur ikan juga rendah kalori dan kolesterol, sehingga baik untuk diet. Namun, telur ikan juga memiliki rasa yang agak amis, sehingga perlu dicuci bersih dan direndam dengan air jeruk nipis sebelum dimasak.

Bumbu yang digunakan untuk membuat pepes telur ikan terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kemiri, kunyit, jahe, garam, gula, dan penyedap rasa. Bumbu ini dihaluskan dengan blender atau cobek, lalu dicampur dengan telur ikan dan bahan-bahan lain seperti tomat, daun kemangi, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, dan telur ayam. Bahan-bahan ini memberikan rasa yang pedas, asam, dan segar pada pepes telur ikan.

Cara membuat pepes telur ikan cukup mudah dan praktis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Cuci bersih telur ikan, lalu potong-potong sesuai selera. Rendam dengan air jeruk nipis selama 10 menit, lalu tiriskan.
  2. Siapkan bumbu halus dengan cara blender atau ulek bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kemiri, kunyit, jahe, garam, gula, dan penyedap rasa hingga halus.
  3. Dalam sebuah wadah, campur telur ikan dengan bumbu halus, tomat yang dipotong-potong, daun kemangi yang dipetik, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, dan telur ayam yang dikocok lepas. Aduk rata hingga semua bahan tercampur.
  4. Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong sesuai ukuran. Ambil satu lembar daun pisang, lalu taruh sebagian adonan telur ikan di atasnya. Gulung daun pisang, lalu sematkan kedua ujungnya dengan lidi atau tusuk gigi. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  5. Siapkan panci kukusan yang sudah berisi air. Masukkan pepes telur ikan ke dalam panci kukusan, lalu kukus selama 30 menit atau hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Pepes telur ikan siap disajikan. Bisa dinikmati langsung atau dibakar sebentar di atas bara api agar aromanya lebih harum.
See also  Resep Pepes Telur Asin

Demikianlah artikel tentang resep pepes telur ikan yang lezat dan mudah dibuat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 17 =