Sate Buntel: Lezatnya Sensasi Daging Berkualitas yang Menggoda Selera

Sate merupakan salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Dengan berbagai variasi daging yang digunakan, sate memikat banyak lidah dengan kelezatannya. Salah satu jenis sate yang patut dicoba adalah Sate Buntel. Sate Buntel terkenal dengan cita rasa yang khas dan cara penyajiannya yang unik. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep Sate Buntel yang lezat dan menggoda selera.

Sate Buntel berasal dari Solo, Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dibalut dengan lemak sapi dan dililit dengan tali bambu. Proses pembuatannya yang rumit membuat Sate Buntel memiliki nilai jual yang tinggi dan menjadi hidangan yang istimewa untuk acara-acara spesial. Berikut adalah resep Sate Buntel yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Sate Buntel:

  1. 500 gram daging sapi, potong dadu
  2. 200 gram lemak sapi, potong dadu
  3. 10 batang tusuk sate
  4. 3 sendok makan kecap manis
  5. 2 sendok makan air jeruk nipis
  6. 2 sendok makan minyak goreng
  7. 2 siung bawang putih, haluskan
  8. 1 sendok teh garam
  9. 1 sendok teh merica bubuk
  10. 1 sendok teh ketumbar bubuk

Langkah-langkah pembuatan Sate Buntel:

  1. Pertama-tama, rendam tusuk sate dalam air selama 30 menit agar tidak gampang terbakar saat dipanggang.
  2. Siapkan wadah, campurkan kecap manis, air jeruk nipis, minyak goreng, bawang putih, garam, merica bubuk, dan ketumbar bubuk. Aduk rata.
  3. Masukkan potongan daging sapi ke dalam wadah berisi bumbu yang telah disiapkan. Diamkan selama 1 jam agar bumbu meresap.
  4. Setelah itu, ambil seutas tali bambu sepanjang 30 cm dan lubangi daging sapi dengan tusuk sate. Tali bambu berfungsi untuk membantu menjaga bentuk daging sapi saat proses pemanggangan.
  5. Ambil sepotong daging sapi dan satu potong lemak sapi. Bungkus daging dengan lemak dan lilitkan dengan tali bambu. Ulangi proses ini sampai semua daging dan lemak habis.
  6. Panaskan panggangan atau teflon dengan api sedang. Panggang sate buntel di atas panggangan sambil sesekali diolesi dengan sisa bumbu yang ada. Panggang hingga daging matang dan berwarna kecokelatan.
  7. Angkat sate buntel dari panggangan dan sajikan dengan nasi putih, bawang goreng, dan sambal kecap.
See also  Resep Ceker Kecap Pedas: Lezatnya Sensasi Pedas dan Gurih dalam Setiap Gigitan

Sate Buntel siap dinikmati! Anda dapat menikmati sensasi daging berkualitas yang empuk dengan lemak yang melapisi setiap gigitan. Rasanya yang gurih dan sedikit manis dari kecap manis membuat Sate Buntel menjadi hidangan yang sempurna untuk santap siang atau malam.

Selain rasanya yang menggoda, Sate Buntel juga memiliki manfaat nutrisi yang baik. Daging sapi yang digunakan sebagai bahan utama Sate Buntel mengandung protein tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot. Lemak sapi yang melapisi daging juga memberikan rasa lezat pada hidangan ini.

Untuk variasi rasa, Anda dapat menambahkan bahan tambahan seperti irisan bawang merah, irisan cabai rawit, atau taburan kelapa sangrai. Hal ini akan memberikan sentuhan ekstra pada Sate Buntel dan membuatnya semakin lezat.

Sekarang Anda sudah memiliki resep Sate Buntel yang lezat dan menggoda selera. Cobalah untuk membuatnya di rumah dan nikmati sensasi daging berkualitas yang empuk dan gurih. Bagikan juga resep ini kepada keluarga dan teman-teman Anda, sehingga mereka pun dapat menikmati hidangan spesial ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =